-->

TIPS & TRIK MICROSOFT EXCEL YANG SANGAT BERGUNA – 100% WORK

 

TIPS & TRIK MICROSOFT EXCEL YANG SANGAT BERGUNA

            Sering kali kita menggunakan software software dari Microsoft Office, terutama Microsoft Excel. Selain karena fitur yang lengkap, Microsoft Excel juga sangat membantu kita dalam mengolah data yang kita punya. Disisi lain Microsoft Excel sudah bisa diakses di semua perangkat baik PC, Smartphone, dan Tablet, serta di berbagai Operasi System baik Windows, Linux, Mac Os, dan lain lain. Namun, apakah kalian tau fitur fitur menarik lain yang dimiliki Microsoft Excel?

            Well, yuk simak Tips & Trik Microsoft Excel Dibawah :)

 

MEMISAHKAN DATA DARI 1 CELL KE 2 CELL


            Tak banyak orang yang tahu cara memisahkan data dengan cepat tanpa harus mengetik ulang, apalagi Excel sudah memiliki fitur tersebut. Terlihat seperti gambar diatas, jika kita mempunyai sebuah data dalam satu sel dan kemudian ingin kita bagi / pisahkan kita hanya gunakan Tools Text To Columns. Pastikan juga kedua data anda pisahkan dengan tanda koma agar lebih mudah pengerjaannya. 

TRIK

  1. Siapkan data yang ingin dipisahkan terlebih dahulu
  2. Blok data yang ingin dipisahkan seperti gambar diatas
  3. Lalu, klik Data pada area Tab diatas
  4. Data --> Text to Columns --> lalu kalian centang Delimited trus Next --> Centang Comma trus Next --> Klik Destination, lalu blok Cell Tujuan kamu --> Finish

 

Dan taraaa , data kamu akan terpisah sesuai keinginan kamu :)

 

MENGGABUNGKAN 2 DATA DENGAN SANGAT CEPAT


            Jika tadi kita tahu cara memisahkan 2 data dengan Tools, maka sekarang kita menggabungkannya dengan Shortcut yang sangat cepat. Data seperti diatas digabungkan kedalam 1 cell, kuy ini caranya.

TRIK

  1. Siapkan 2 Data yang ingin kamu gabungkan
  2. Pada data pertama gabungkan dahulu secara manual atau diketik secara manual, seperti contoh kia ketik di Nama Lengkap Ayu Agustin
  3. Jika sudah kita klik cell bagian bawah yang akan kita isi, lalu pencet Ctrl + E
  4. Selesai

Cara ini sangat praktis lho, buat kalian yang ingin menggabungkan banyak data dengan cepat, bisa juga terdiri dari 3 Data atau lebih :)

 

PENJUMLAHAN TANPA MENGGUNAKAN RUMUS


      Buat kalian nih, yang sering melakukan penjumlahan, apalagi sampai puluhan data. Kan repot nih jika harus mengetik rumus =SUM lagi heheh. Kali ini aku kasih tips agar penjumlahan dilakuakn dengan cepat dan cocok untuk data yang banyak. Seperti gambar diatas contohnya, kuy disimak trik nya.

TRIK

1.      Siapkan Data terlebih dahulu

2.      Lalu blok Cell yang menjadi tujuan penjumlahan, disini aku ngeBlok cell Total, jadi kalian terserah nama cellnya apa.

3.      Jika sudah pencet Alt + =” (Pencet Alt dan Sama Dengan bersamaan” , dan taraa Cell yang kamu blok sudah terisi dengan hasil penjumlahan.

4.      Lanjut nih, untuk bagian Jumlah dibawah (yang aku Fill Hijau), lakukan dengan cara yang sama ya yaitu klik Alt + =  secara bersamaan.

5.      Maka muncul rumus, lalu klik Enter

6.      Selesai

 

Nah gimana, mudah bukan ? Cukup 3 dulu ya tips & trik yang aku bagi nantikan Episode selanjutnya ya gaes :) . Semoga melalui artikel ini, kamu jadi lebih banyak tau tentang fitur fitur lain pada Excel dan juga membantu pekerjaan kamu. Stay tune gaes ..... :)

~TERIMA KASIH~

 

 

           

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "TIPS & TRIK MICROSOFT EXCEL YANG SANGAT BERGUNA – 100% WORK"

  1. Wah biasanya buat gabungin data di 2 cell jadi 1 saya oake rumus concatenate, eh ternyata ada yang lebih simple yaa
    Terima kasih atas sharingnyaa

    ReplyDelete