-->

Solusi Permasalahan Upload Program Arduino IDE -- 100% work dan Lengkap

 

Masalah-masalah saat Upload Program pada Arduino

     Halo guys, kali ini kami akan membahas mengenai permasalahan permasalahan pada saat meng-upload program ke Arduino melalui PC kalian. Nah, biar kita tahu solusi dalam permasalan yang kamu hadapi, yuk simak penjelasan dibawah. Buat yang belum punya arduino IDE kalian bisa lihat disini

Download Arduino IDE 2020 

 

ARDUINO

 


     Nah, sebelum kalian lanjut ke permasalahannya, bagi yang belum tahu Arduino mungkin bisa disimak dahulu ya. Arduino merupakan pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, Arduino ini berasal dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardwarenya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri. Banyak kalangan baik pemula maupun penghobi yang belajar mengenal robotika dan elektronika ataupun merakitnya lewat Arduino karena mudah dipelajari. Bahasa yang dipakai dalam Arduino bukan assembler yang relatif sulit, tetapi bahasa C yang disederhanakan dengan bantuan pustaka-pustaka (libraries) Arduino. Software dari Arduino itu sendiri adalah Arduino IDE, yang dapat diinstall di PC ataupun Laptop kamu.

 

PERMASALAHAN-PERMASALAHAN DALAM UPLOAD PROGRAM

  1. Permasalahan Arduino Board (Problem Board)

Permasalahan ini biasanya sering dijumpai oleh pemula yang baru belajar dalam Arduino IDE. Hal ini terjadi karena kesalahan kita dalam menentukan board pada Arduino. Misalkan kita memakai Arduino Nano sedangkan pilihan pada tools nya yaitu Arduino Uno, maka akan muncul pesan peringatan seperti diatas.

Adapun solusi untuk mengatasinya yaitu :

Klik Tools pada bagian Tab atas >> Klik Board >> Ubah Arduino sesuai type kalian

 

  1. Permasalahan Arduino Port (Problem Port)

Permasalahan ini biasanya sering dijumpai oleh pemula yang baru belajar dalam Arduino IDE. Hal ini terjadi karena kesalahan kita dalam menentukan port USB pada Arduino. Misalkan kita memakai Arduino Uno dengan Port 4 sedangkan pilihan pada port nya masih kosong atau port lainnya, maka akan muncul pesan peringatan seperti diatas.

Adapun solusi untuk mengatasinya yaitu :

Klik Tools pada bagian Tab atas >> Klik Port >> Ubah Port sesuai port kalian dan klik hingga tercentang

 

  1. Permasalahan Arduino Direktori / Library (Directory Port)

Permasalahan ini biasanya sering dijumpai oleh pemula yang baru belajar dalam Arduino IDE. Hal ini terjadi karena kita belum mengunduh direktori yang akan dipakai. Sehingga akan muncul pesan peringatan seperti diatas. Ada 3 cara untuk mengatasinya.

·         Mengunduh Langsung Pada Software

Kalian bisa langsung mengunduh direktori atau library pada Arduino IDE kalian, lalu cari kata kunci library dan unduh langsung.

Klik Sketch pada tab atas >> Lalu klik Include Library >> Klik Manage Library , maka akan muncul Library Manager dan kalian sudah bisa mencari library kalian sesuai peringatan yang muncul



                            ·       Add ZIP Library

Kalian bisa juga mendownload library melalui browser kalian dalam bentuk Zip, lalu kalian cari Add ZIP Library pada Software Arduino IDE.

Download Libraries melalui Browser >> Klik Sketch pada tab Atas >> Klik Include library >> Klik Add. ZIP Library >> Lalu pilih ZIP Library kalian yang sudah didownload

 

·         Secara Manual

Bagi kalian yang sudah mendownload langsung Library melalui browser, extract terlebih dahulu ZIP Library kalian, jika sudah pindahkan files library ke >> Local Diskc C -> Program Files -> Arduino -> Libraries . Dan paste file kalian disini.

 

     Sekian pembahasan mengenai Solusi permasalahan saat Upload Program Arduino kalian, semoga bermanfaat ya :)).

 

~~TERIMA KASIH~~

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Solusi Permasalahan Upload Program Arduino IDE -- 100% work dan Lengkap"