-->

MENGENALI MODUL BLUETOOTH UNTUK ELEKTRONIKA — HC-05 DAN HC-06

 MODUL BLUETOOTH HC05 DAN HC06

            Mungkin bagi kalian yang sering terjun ke dunia Elektronik maupun robotika tidak asing dengan nama ini (HC 05 & HC 06), modul HC05 merupakan salah satu modul bluetooth yang populer dalam robotika. Bluetooth merupakan suatu jalur atau cara komunikasi wireless yang bekerja pada frekuensi radio 2.4 GHz untuk pertukaran data pada perangkat dan elektronika seperti handphone, laptop, PC, dan perangkat lainnya . Bluetooth HC-05 adalah salah satu modul bluetooth yag sering digunakan oleh kebanyakan user mikrokontroller seperti arduino dikarenakan pemakaiannya yang mudah,harganya murah,dan banyak tersedia di pasaran. Kelebihan dari modul bluetooth HC-05 ini adalah bisa digunakan sebagai master maupun digunakan sebagai slave,berbeda dengan bluetooth tipe HC-06 yang hanya bisa digunakan sebagai slave.


Bluetooh HC-05 memilliki dua mode kerja yakni correspondence mode dan at mode. Correspondence mode adalah kondisi ketika bluetooth HC-05 siap untuk berkomunikasi dengan perangkat bluetooth yang lain baik sebagai ace ataupun slave. Bluetooth sebagai ace adalah kondisi dimana bluetooth tersebut difungsikan sebagai pengontrol komunikasi, atau ia bertugas mencari perangkat bluetooth yang berada disekitarnya dan mengirim permintaan komunikasi kepada perangkat bluetooh yang ditemukan. Sedangkan slave adalah kondisi dimana perangkat bluetooth mengunggu datangnya permintaan untuk melakukan komunikasi.

 

Berdasarkan mode komunikasinya (correspondence mode) bluetooth hc-05 memiliki dua mode kerja, yakni request reaction work mode dan programmed association work mode. Untuk request reaction work mode maksudnya adalah komunikasi yang dijalin antar bluetooth dilakukan secara manual. Bisa dikatakan untuk mengkoneksikan dua buah Bluetooth menggunakan bantuan administrator atau manusia. Sedangkan untuk programmed association work mode, komunikasi yang dijalin antar bluetooth dilakukan secara otomatis ketika kedua bluetooh dalam kondisi aktif. Pada saat kedua bluetooth diberikan power maka bluetooh Master secara otomatis mencari bluetooth Slave yang memiliki alamat tertentu dan kemudian mengirimi permintaan komunikasi. Bluetooth Slave akan merespon permintaan komunikasi tersebut jika syarat yang diperlukan terpenuhi.

 

At mode adalah Bluetooth masuk ke dalam mode khusus untuk pengaturan boundary, dimana boundary yang diatur tersebut berguna untuk menentukan cara bluetooth beroperasi, seperti bluetooth sebagai Master atau Slave, kecepatan komunikasi bluetooth, mengatur nama bluetooth dan lain sebagainya.

    SPESIFIKASI:

    Bluetooth protocal:  Bluetooth Specification v2.0+EDR
Frequency:  2.4GHz ISM band
Modulation:  GFSK(Gaussian Frequency Shift Keying)
Emission power:  4dBm, Class 2
Sensitivity:  -84dBm at 0.1% BER
Speed: Asynchronous:  2.1Mbps(Max) / 160 kbps, Synchronous: 1Mbps/1Mbps
Security:  Authentication and encryption
Profiles:  Bluetooth serial port
Power supply: +3.3VDC 50mA
Operation temperature: -20 ~ +55 ℃

Small Size 26.9mm(L) x 13mm(W) x 2.2mm(H)

 

Modul Bluetooth HC-05 memiliki 6 pin konektor, yang setiap pin konektor dan masing masing memiliki fungsi yang berbeda


State : untuk memberikan informasi jika sudah terhubung/tidak dengan perangkat lain
RX : jalur penerimaan data
TX : jalur pengiriman data
GND : ground
Vcc : sumber tegangan 3.6 – 6 volt
EN : untuk mengaktifkan AT Command setup
 

Pada umumnya hanya digunakan 4 Pin saja yaitu VCC, RX, TX, dan Gnd. Module ini dapat digunakan sebagai mode slave (Rx), maupun mode master (TX) dan memiliki 2 metode konfigurasi yaitu AT Mode dan Communication Mode. Pada AT Mode berfungsi sebagai pengaturan konfigurasi dari HC-05, sedangkan pada Communication Mode berfungsi sebagai komunikasi nirkabel dengan perangkat atau piranti lainnya.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENGENALI MODUL BLUETOOTH UNTUK ELEKTRONIKA — HC-05 DAN HC-06"

Post a Comment