-->

Yuk Mengenal Fuzzy Logic -- Kecerdasan Buatan Masa Kini

 

Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence atau AI) didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan  diciptakan dan dimasukkan kedalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.


 Sejarah Fuzzy Logic

Fuzzy Logic pertama kali diperkenalkan oleh Prof. Lotfy A. Zadeh dari Universitas California diBarkeley (1965). Berbeda dengan logika boolean yang hanya membagi suatu keadaan menjadi dua kondisi yaitu 0 dan 1, Fuzzy Logic memberikan kemungkinan suatu keadaan dalam interval antara 0 dan 1.

Pengertian Fuzzy Logic

Fuzzy Logic adalah metodologi sistem control pemecahan masalah, yang cocok untuk diimplementasikan pada sistem, mulai dari sistem yang sederhana, sistem kecil, embedded system, jaringan PC, multichannel atau workstation berbasis akuisisi data, dan sistem control. Dalam logika klasik dinyatakan bahwa segala sesuatu bersifat biner, yang artinya adalah hanya mempunyai dua kemungkinan, “Ya atau Tidak”, “Benar atau Salah”, “Baik atau Buruk” dan lain-lain. Oleh karena itu, sistem ini dapat mempunyai nilai keanggotaan 0 atau 1. Akan tetapi, dalam Fuzzy Logic memungkinkan nilai keanggotaan berada di antara 0 dan 1. Artinya, bisa saja suatu keadaan mempunyai dua nilai “Ya dan Tidak”, “Benar dan Salah”, “Baik dan Buruk” secara bersamaan, namun besar nilainya tergantung pada bobot keanggotaan yang dimilikinya. Bila dibandingkan dengan logika konvensional, kelebihan Fuzzy Logic adalah kemampuannya dalam proses penalaran secara bahasa sehingga dalam perancanganya tidak memerlukan persamaan matematik yang rumit.

Himpunan fuzzy memiliki dua atribut yaitu: (1) Linguistik, yaitu nama suatu kelompok yang mewakili suatu keadaan tertentu dengan menggunakan bahasa alami, misalnya DINGIN, SEJUK, PANAS mewakili variabel temperature, (2) Numeris, yaitu suatu nilai yang menunjukkan ukuran dari suatu variabel, misalnya 10, 35, 40, dan sebagainya.

Proses Fuzzy Logic

Sistem inferensi fuzzy akan berfungsi sebagai pengendali proses tertentu dengan menggunakan aturan-aturan inferensi berdasarkan logika fuzzy. Sistem inferensi memiliki 4 unit yaitu :

  1. Unit fuzzifikasi (fuzzification unit)
  2. Unit penalaran logika fuzzy (fuzzy logic reasoning unit)
  3. Unit basis pengetahuan (knowledge base unit)
  4. Unit defuzzifikasi / unit penegasan (defuzzification unit)

 Nah sekian pembahasan mengenai Fuzzy Logic, untuk teman teman yang ingin belajar lagi mengenai Kecerdasan Buatan, bisa klik Kecerdasan Buatan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yuk Mengenal Fuzzy Logic -- Kecerdasan Buatan Masa Kini"

Post a Comment